Remunggai

"Memetik Hikmah dan Berbagi"

"SEPERTI BUAH YANG RANUM DARI POHONNYA: PETIKLAH DAN NIKMATILAH. POHON INSPIRASI TUMBUH DAN BERKEMBANG MENGAJAK EMBUN-EMBUN BERTUMBUH MENGHARAP SECERCAH MATAHARI."

Breaking

31 December 2018

Apa itu Kopi Kami?


PROFIL LAPAK BACA
KOMUNITAS PUSTAKA INSPIRASIKU SUKABUMI (KOPI KAMI)

1. Nama Komunitas : Kopi Kami (Komunitas Pustaka Inspirasiku Sukabumi)

2. Alamat Lengkap : Jalan Gang Amil Syukron rt. 03 rw. 19 Kec. Cibadak

3. Tanggal Berdiri : 23 Januari 2012 (Bandung), 28 Maret 2016 (Sukabumi)

4. Nama Pengelola :
1. Founder : Kamilludin Azis, Panji Pratama, Asep Komarudin
2. Pengelola : - Kamiluddin Azis, S.E. (Bandung – Pusat) - 083829021076
    - Panji Pratama, S.S., M.Pd. (Sukabumi) - 085864645154
    - Asep Komarudin, A.Md. (Subang) - 082318162876

5. Uraian Lembaga
Berawal dari pertemuan singkat tiga penulis novel. Akhirnya pada Januari 2012 diputuskan mendirikan grup online berbasis facebook Pustaka Inspirasi-Ku. Visi awal dari grup ini adalah Merangkai Ide dan Imajinasi menjadi Sebuah Karya yang Menginspirasi. Grup tersebut telah membidani lahirnya ide-ide cemerlang dari setiap interaksi inspiratif sesama anggotanya. Beberapa karya telah dilahirkan seperti: Curcol Sahabat Inspirasiku (2012), Jujurlah Matahariku (2012), Cerminku Bicara (2013), Rembulan Singgah Sesaat (2013), dan Cinta (2014). Setelah beberapa lama, akhirnya dibangun toko buku Pustaka Inspirasiku di Bandung.
Setelah melalui beberapa pilihan dan putusan, kiblat Pustaka Inspirasi-ku beralih ke Taman Bacaan Masyarakat pada tahun 2017. Dengan pergeseran visi utama menjadi Berkarya Bersama Sahabat. Beberapa program yang telah dijalankan adalah Lapak Baca Integritas, Riset Karya Ilmiah, Pembimbingan Karya, penyuluhan antikorupsi, main boardgame KPK, dan wirausaha berbasis pustaka.

6. Uraian Kegiatan

1. Pembimbingan Karya
Sejak awal berdiri pada tahun 2012, Pustaka Inspirasiku concern terhadap dunia kepenulisan. Beberapa penulis nasional yang lahir dan dibesarkan oleh grup ini adalah Ririn Rahayu Astuti Ningrum, Nina Rahayu Nadea, Aldy Istanzia Wiguna, Aiman Bagea, dan lainnya. Beberapa hal yang diinisiasi Pustaka Inspirasiku adalah Teknik Menulis, Tata Bahasa, dan Tips mengirim karya ke penerbit.
Seiring berkembangnya waktu, mulai tahun 2017 kegiatan pembimbingan karya berganti flatform lewat media whatsapp dan lebih menyisir tingkatan siswa SMP dan SMA.


2. Riset Karya Ilmiah
Sejak tahun 2018, bekerja sama dengan Kajian Ilmiah Remaja SMA Negeri 1 Nagrak, Pustaka Inspirasiku berupaya membantu siswa maupun umum untuk belajar meneliti dan menuliskannya dalam bentuk karya Ilmiah. Beberapa siswa yang berhasil dibantu dan mendapatkan juara lomba adalah Idah Sopiah (Esai Ekonomi) dan Agis Geryl (Esai Kimia). 

3. Lapak Baca Integritas
Kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2016. Diawali dengan banyaknya buku tidak terpakai karena toko buku Pustaka Inspirasi-ku berhenti beroperasi, maka buku-buku layak baca dibuka aksesnya secara gratis untuk masyarakat. Meskipun tidak rutin tiap minggu, kegiatan Lapak Baca Integritas dilaksanakan secara mobile di beberapa lokasi seperti Jalur Cibolang dan Jalur Alternatif Jelegong Nagrak. 


4. Main Boardgame KPK
Kegiatan ini berlangsung sejak 2016. Diawali salah satu founder Pustaka Inspirasiku yang masuk kegiatan Teacher Supercamp 2016 KPK, maka kegiatan penyuluhan pendidikan antikorupsi terus berjalan. Salah satunya melalui permainan boardgame yang didatangkan langsung dari KPK.


5. Wirausaha
Meskipun sudah berganti visi, tetapi misi awal berdirinya Pustaka Inspirasiku masih berjalan, yakni penjualan buku berkualitas. Pada awalnya, buku-buku yang dijual adalah karya anggota workshop kepenulisan. Kini, penjualan buku lebih luas seperti novel populer dan sastra.

7. Penghargaan            : -

8. Mitra dan Kerja sama
1. ACLC KPK
               
2. Komed Dompet Dhuafa
               
3. Pustaka Inspirasi-Ku Bandung

4. Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab. Sukabumi

9. Tantangan & harapan
1. Tantangan
- Terbatasnya waktu pengelola karena mempunyai tugas pokok dalam pekerjaan
- Kurangnya personel/sukarelawan
2. Harapan
- Menjadi TBM mandiri yang bukan hanya sebagai pusat pendidikan masyarakat tapi juga pusat pemberdayaan masyarakat
- Melahirkan penulis-penulis hebat di Indonesia

10. Tautan                         :
https://aclc.kpk.go.id/
http://ftbm-jabar.blogspot.com/
http://pustakainspirasiku.blogspot.com/
https://komedjabodetabek.blogspot.com/
https://www.jabarmembaca.org/


So, mari ngopi kawan!

Baca juga: Penelitian dan Pengembangan

No comments:

Post a Comment