Remunggai

"Memetik Hikmah dan Berbagi"

"SEPERTI BUAH YANG RANUM DARI POHONNYA: PETIKLAH DAN NIKMATILAH. POHON INSPIRASI TUMBUH DAN BERKEMBANG MENGAJAK EMBUN-EMBUN BERTUMBUH MENGHARAP SECERCAH MATAHARI."

Breaking

04 January 2019

Merpati Mas dan Perak

BOARDGAME:
MERPATI MAS DAN PERAK

Merpati Mas dan Perak merupakan board game purwarupa yang dikembangkan oleh Panji Pratama. Merpati Mas dan Perak adalah kepanjangan dari Media Pembelajaran Interaktif Membaca Intensif dan Penguatan Karakter Anti Korupsi. Jadi sudah bisa ditebak, inti dari permainan Merpati Mas dan Perak adalah uji literasi dongeng dan pengetahuan antikorupsi.

keseruan Merpati Mas dan perak | Gambar: dok. pribadi

Secara bergiliran pemain akan melempar dadu untuk menentukan jumlah langkahnya di papan permainan. Petak bisa berisi petak pertanyaan, harta karun, kunci, atau bahkan tantangan. Pemain akan mendapatkan sejumlah poin bila berhasil menjawab atau menyelesaikan tantangan. Pemain juga bisa kehilangan poin bila salah menjawab atau karena bertemu dengan karakter penjahat. Permainan berakhir ketika sembilan kunci yang harus dikumpulkan pemain telah berhasil didapatkan. Pemenang bisa dihitung dari dua sisi, yakni (1) jumlah poin pemain protagonis melawan antagonis dan (2) pemain protagonis dengan perolehan poin terbanyak.

Judul Game: Merpati Mas dan Perak
Jumlah Pemain: 3-5 Pemain
Durasi Permainan: 30-45 menit
Rekomendasi Usia: 10 Tahun+

Board game ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2016 lalu setelah pengembang mengikuti Teacher Super Camp Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Bali. Dengan pertanyaan-pertanyaan seputar anti korupsi dan hasil membaca intensif, para peserta diharapkan bisa menambah wawasan setelah bermain Merpati Mas dan Perak. Integritas di antara pemain diharapkan juga bisa meningkat dengan adanya aktivitas-aktivitas tantangan dalam permainan.

Mengenai awal mula dan sejarah pembuatannya bisa dilihat pada video berikut ini:
https://www.youtube.com/watch?v=lQ7x3KMuVdg


Baca juga: Penelitian dan Pengembangan

No comments:

Post a Comment