Remunggai

"Memetik Hikmah dan Berbagi"

"SEPERTI BUAH YANG RANUM DARI POHONNYA: PETIKLAH DAN NIKMATILAH. POHON INSPIRASI TUMBUH DAN BERKEMBANG MENGAJAK EMBUN-EMBUN BERTUMBUH MENGHARAP SECERCAH MATAHARI."

Breaking

25 April 2019

Soal Persiapan PAT 2018-2019 Bahasa Indonesia SMA Kelas XI: Teks Pidato



KOMPETENSI DASAR 
3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah

INDIKATOR 
1. Diberikan sebuah teks pidato, siswa dapat mengidentifikasi topiknya
2. Diberikan sebuah teks pidato, siswa dapat menganalisis isi sesuai dengan keperluan pidato
3. Diberikan sebuah teks, siswa dapat menentukan pokok isi pidato

SOAL
1. Perhatikan teks berikut!
Adik-Adik Siswa SMA Bina Nusantara yang berbahagia! Di tempat umum, seperti terminal, stasiun, supermarket, atau arena permainan pada pagi hari sering kita menjumpai banyak pelajar, mulai dari SD hingga SMA yang berkeliaran di tempat tersebut. Jika kita amati dengan saksama, semua aktivitas yang mereka lakukan sangat tidak bermanfaat, bahkan cenderung negatif.
Banyak pelajar yang bermain ding dong, bergerombol sambil tertawa, merokok, atau mengganggu orang-orang di sekelilingnya. Akhir-akhir ini sering terlihat pula pelajar yang berada di tempat umum mabuk karena pengaruh minuman atau narkoba ujung-ujungnya terjadi peristiwa tindak kriminal atau tawuran dengan sesama pelajar hanya karena masalah kecil atau sepele, seperti senggolan atau lirikan.

Topik dari bagian ceramah tersebut adalah . . . .
A. masalah pelajar
B. tindak negatif para pelajar di tempat umum
C. penggunaan narkoba
D. tawuran pelajar
E. pergaulan pada remaja

2. Perhatikan pidato sambutan berikut!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru beserta seluruh tenaga kependidikan SMA Nusantara. Yang saya sayangi, anak-anakku, siswa-siswa kelas X, XI, dan XII. Pertama, marilah kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita kesehatan sehingga dapat berkumpul dalam kesempatan yang berbahagia kali ini.
Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, mari kita sama-sama merenungkan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan untuk merebut tanah air kita, mengusir para penjajah, dengan segenap pengorbanan yang mereka lakukan sehingga kita dapat merasakan indahnya hidup penuh kebebasan hingga hari ini. Maka, kalian semua, sebagai generasi penerus bangsa, pemuda-pemuda penuh impian dan cita-cita cemerlang harus senantiasa mengembangkan potensi yang kalian miliki, memiliki kesadaran untuk mempertahankan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan terdahulu. Dengan demikian, kita semua bisa turut serta berbuat demi kemajuan bangsa dan tanah air kita yang tercinta.

Pidato sambutan di atas paling tepat disampaikan pada peringatan ....
A. hari Kartini
B. hari kemerdekaan Indonesia
C. hari kebangkitan Pancasila
D. hari buruh

E. hari buruh

3. Bacalah kutipan pidato berikut!
Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.
Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak dan Ibu guru pendamping. Selamat datang juga bagi para siswa dari berbagai SMA di penjuru Indonesia. Pertama-tama, marilah kita memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Pengasih karena telah memberikan kesempatan kepada kita untuk menghadiri acara ini.
Hadirin yang berbahagia tentunya sudah mafhum bahwa usia bumi semakin tua. Berbagai perubahan telah dialami oleh planet kita tercinta ini. Mulai dari perubahan kecil hingga yang paling ekstrem. Dari perubahan yang sifatnya sementara hingga permanen. Salah satunya terlihat pada fenomena pemanasan global. 
Saat ini, kita sudah bisa merasakan berbagai dampak buruk pemanasan global. Beberapa jenis hewan punah. Pertumbuhan pohon terganggu karena cuaca yang tidak menentu. Iklim menjadi ekstrem. Masih banyak lagi dampak pemanasan global lainnya. Kita sebagai bagian dari dunia pendidikan, ada ibu dan bapak guru, juga para siswa, tentunya bisa menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk mendukung kehidupan di bumi agar tidak semakin parah. Oleh karena itulah, kami mengadakan lomba bertajuk “Ide untuk Menyelamatkan Bumi” ini. Siswa-siswa diharuskan membuat satu proposal berisi rancangan kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Harapan kami dengan adanya kompetisi ini adalah untuk menumbuhkan semangat melakukan sesuatu bagi bumi pada diri para siswa.

Berikut ini merupakan pokok-pokok pidato sambutan di atas, kecuali ....
A. Perubahan yang terjadi pada cuaca di bumi mengakibatkan tanaman-tanaman tumbuh dengan tidak normal.
B. Lomba dilakukan dengan mengompetisikan proposal para siswa mengenai ide untuk menyelamatkan bumi.
C. Iklim yang semakin ekstrem di bumi merupakan salah satu dampak buruk dari fenomena pemanasan global.
D. Meskipun masih duduk di bangku sekolah, para siswa memiliki kesempatan untuk berperan bagi kehidupan di bumi.
E. Pemanasan global terjadi akibat bumi yang semakin menua dan musnahnya beberapa jenis hewan.

JAWABAN
1. B
2. B
3. E


Baca juga:

Teks Eksplanasi

No comments:

Post a Comment